Perbedaan masyarakat yang menimbulkan konflik dan integrasi sosial

           
socialcommunitypresent.blogspot.com
             Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu yang berada dalam kelompok tersebut.Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari 5 pulau besar dan 17.475 pulau kecil lainnya yang menyebabkan Indonesia memiliki berbagai suku,budaya,ras,dan agama yang mempunyai dampak positif dan negatif bagi Indonesia itu sendiri terutama masyarakat. Dampak positifnya adalah Indonesia kaya akan keragaman suku dan budaya sedangkan dampak negatifnya adalah Indonesai rentan akan perselisihan yang disebabkan oleh banyaknya perubahan sosial. Salah satunya yaitu banyaknya konflik yang sering muncul di masyarakat. Konflik merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau lebih bisa juga kelompok dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya. Konflik ini terjadi karena adanya perselisihan antar masyarakat. Tentunya hal ini menjadi pendorong dalam dinamika dan perubahan sosial. Perubahan ada yang negatif dan ada yang positif. Salah satu dampak negatif yang paling mencolok adalah suatu keadaan dimana masyarakat terjadi suatu permasalahan karena adanya persaingan maupun perbedaan dalam masyarakat. Dewasa ini konflik sering kali terjadi di berbagai elemen masyarakat. Hal ini disebabkan berbagai latar belakang kebudayaan dan status ekonomi.
            Banyak konflik sosial yang sudah terjadi di masyarakat. Contohnya adalah bentrok antar warga yang terjadi di daerah pedalaman. Konflik SARA yang akhir-akhir ini meluas di kalangan Indonesia. Konflik ini tidak memandang jenis kelamin dan usia. Bahkan sifat panas,serakah,kejam juga sering menjadi bagian modal kuat yang akhirnya akan timbul sebuah bentuk perwatakan SARA. Kemudian, perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda pada akhirnya menghasilkan perbedaan individu yang dapat memicu konflik. Lalu perbedaan individu yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan yang berakibat seseorang tidak selalu sejalan dengan kelompoknya. Akibat paling fatal yang disebabkan oleh konflik sosial adalah melemahnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia bahkan terpecah belahnya masyarakat Indonesia.

Konflik sosial merupakan suatu kenyataan hidup yang tidak bisa kita hindari karena telah melekat dengan masyarakat. Namun, dapat kita cegah dengan kegiatan yang positif dan toleransi yang tinggi antar masyarakat karena jika dibiarkankonflik sosial dapat memecah belah persatuan Indonesia. Oleh karena itu, kita harus memegang teguh Pancasila dalam hidup bermasyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

cara belajar yang efektif meskipun malas